PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN KELAS - 13 November 2009 - Personal site
Friday, 08.22.2014, 3:56 AMWelcome Guest | RSS
Muhamad Fahlefi
Login form
Menu Utama
Jaringan Sosial
Media Pembelajaran
Pendidikan [2]
Kumpulan Da'wah [0]
Latihan Soal Online [1]
Our poll
Rate my site
Total of answers: 7
Statistics

Total online: 0
Guests: 0
Users: 0
Main » 2009 » November » 13 » PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN KELAS
9:41 AM
PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN KELAS


KATA PENGANTAR

 

 

الحمد لله رب العالمين و به نستعين على امور الدنيا و الدين و الصلاة و السلام على اسرف الأنبياء و المرسلين سيدنا محمد وعلى اله و صحبه اجمعين. اما بعد

 

            Puji syukur kita panjatkan kepada Allah Swt yang telah melimpahkan kenikmatan serta taufiq dan hidayah-Nya kepada kita. Sholawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Besar Muhammad Saw, kepada keluarganya, para sahabatnya, tabi’it tabi’in, juga kepada kita selaku umatnya sampai akhir zaman. Mudah-mudahan kelak kita mendapatkan syafa’atnya, amin ya robbal ‘alamin…

            Peran seorang guru pada pengelolaan kelas sangat penting khususnya dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Untuk itulah makalah ini kami beri judul " Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas " . .

            Inilah makalah hasil-hasil cuplikan materi Menejemen Kelas yang kami ambil dari berbagai sumber buku dan media elektronik ( internet ),  untuk memenuhi tugas mata kuliah Menejemen Kelas, yang tentunya dalam penyusunan makalah ini. Banyak sekali kekurangan dan kesalahan, untuk itu kami mohon kepada dosen pembimbing, juga kepada rekan-rekan mahasiswa untuk memberi kritik, saran, dan perbaikan untuk menambah ilmu dan wawasan dalam penyempurnaan makalah ini dan makalah yang akan dating.

            Terima kasih kami ucapkan kepada dosen pembimbing Siti Zulaikha, S.Ag, M.Pd yang telah memberikan bimbingan dalam penyelesaian tugas makalah kelompok ini. Mudah-mudahan makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kami dan bagi semua pembaca dan menjadikan ilmu. Amiin…

 

Wassalam

 

 

 

Team Penyusun


 


 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

 

Latar Belakang

 

            Peran seorang guru pada pengelolaan kelas sangat penting khususnya dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Itu karena secara prinsip, guru memegang dua tugas sekaligus masalah pokok, yakni pengajaran dan pengelolaan kelas.Tugas sekaligus masalah pertama, yakni pengajaran, dimaksudkan segala usaha membantu murid dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sebaliknya, masalah pengelolaan berkaitan dengan usaha untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi sedemikian rupa sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Kegagalan seorang guru mencapai tujuan pembelajaran berbanding lurus dengan ketidakmampuan guru mengelola kelas. Indikator dari kegagalan itu seperti prestasi belajar murid rendah, tidak sesuai dengan standar atau batas ukuran yang ditentukan.

Pengelolaan kelas bukanlah masalah yang berdiri sendiri, tetapi terkait dengan berbagai faktor. Permasalahan anak didik adalah faktor utama yang dilakukan guru tidak lain adalah untuk meningkatkan kegairahan murid baik secara berkelompok maupun secara individual.

Keharmonisan hubungan guru dan anak didik, tingginya kerjasama diantara murid tersimpul dalam bentuk interaksi. Lahirnya interaksi yang optimal bergantung dari pendekatan yang guru lakukan dalam rangka pengelolaan kelas.(Djamarah 2006:179).

 

Rumusan Masalah

 

            Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dikemukakan rumusan masalah sebagai berikut :

" Bagaimana seorang guru menciptakan pendekatan – pendekatan dalam pengelolaan kelas ".

 

Tujuan

            Tujuan pendekatan dalam pengelolaan kelas sebagai berikut :

  1. Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan murid untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
  2. Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar.
  3. Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan murid belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional, dan intelektual murid dalam kelas.

4.      Membina dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya.

 

 

 

 


 

 

BAB II

PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN KELAS

 

Pengertian Pengelolaan Kelas

Suharsimi Arikunto (1988) suatu usaha yang dilakukan guru untuk membantu menciptkan kondisi belajar yang optimal.

Pengertian lain dikemukaan sebagai proses seleksi tindakan yang dilaljukan guru dalam funsinya sebagai penanggung jawab kelas dan seleksi penggunaan alat-alat belajar yang tepat sesuai masalah yang ada dan karakteristik kelas yang dihadapi.

Menurut definisi operasional, penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar murid yang berlangsung pada lingkunagan social, emosional, dan intelektual anak dalam kelas menjadi sebuah lingkungan belajar yang membelajarkan.

Pengertian lain menyatakan sebagai usaha yang dengan sengaja dilakukan oleh guru agar anak didik dapat belajar secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan pembelajaran.

Pengelolaan kelas berbeda dengan pengelolaan pembelajaran. Pengelolaan pembelajaran lebih menekankan pada kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dalam suatu pembelajaran. Sedangkan pengelolaan kelas lebih berkaitan dengan upaya-upaya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar (pembinaan rapport, penghentian perilaku peserta didik yang menyelewengkan perhatian kelas, pemberian ganjaran, penyelesaian tugas oleh peserta didik secara tepat waktu, penetapan norma kelompok yang produktif), didalamnya mencakup pengaturan orang (peserta didik) dan fasilitas.

Terdapat dua macam masalah pengelolaan kelas, yaitu :

1. Masalah Individual :

  • Attention getting behaviors (pola perilaku mencari perhatian).
  • Power seeking behaviors (pola perilaku menunjukkan kekuatan)
  • Revenge seeking behaviors (pola perilaku menunjukkan balas dendam).
  • Helplessness (peragaan ketidakmampuan).

Keempat masalah individual tersebut akan tampak dalam berbagai bentuk tindakan atau perilaku menyimpang, yang tidak hanya akan merugikan dirinya sendiri tetapi juga dapat merugikan orang lain atau kelompok.

2. Masalah Kelompok :

  • Kelas kurang kohesif, karena alasan jenis kelamin, suku, tingkatan sosial ekonomi, dan sebagainya.
  • Penyimpangan dari norma-norma perilaku yang telah disepakati sebelumnya.
  • Kelas mereaksi secara negatif terhadap salah seorang anggotanya.
  • "Membombong” anggota kelas yang melanggar norma kelompok.
  • Kelompok cenderung mudah dialihkan perhatiannya dari tugas yang tengah digarap.
  • Semangat kerja rendah atau semacam aksi protes kepada guru, karena menganggap tugas yang diberikan kurang fair. Kelas kurang mampu menyesuakan diri dengan keadaan baru.

Sikap Guru dan Pendekatan yang Digunakan Dalam Pengelolaan Kelas

Untuk memperkecil masalah gangguan dalam pengelolaan kelas hendaknya guru bersikap seperti yang dikemukakan oleh Djamarah (2006 : 185) yaitu (1) Hangat dan antusias, guru yang hangat dan akrab pada murid akan menunjukkan antusias pada tugasnya, (2) Menggunakan kata – kata, tindakan, cara kerja dan bahan – bahan yang menantang akan meningkatkan kegairahan murid untuk belajar, (3) Bervariasi dalam penggunaan alat atau media pola interaksi antara guru dan murid, (4) Guru luwes untuk mengubah strategi mengajarnya, (5) Guru harus menekankan pada hal – hal yang positif dan menghindari pemusatan perhatian pada hal – hal yang negatif dan (6) Guru harus disiplin dalam segala hal.

Tipe kepemimpinan yang otoriter harus diubah menjadi lebih demokratis karena tipe kepemimpinan otoriter menumbuhkan sikap agresif tetapi murid hanya aktif kalau ada guru dan kalau guru yang demokratis maka semua aktivitasnya akan menurun. Tipe kepemimpinan guru yang demokratis lebih mungkin terbinanya sikap persahabatan guru dan murid dengan dasar saling mempercayai. Untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal guru harus menempatkan diri sebagai model, pengembang, perencana, pembimbing dan fasilitator.

Guru sebagai pengelola kelas sudah menerapkan tiga pendekatan dalam pengelolaan kelas yaitu pendekatan kekuasaan, pendekatan pengajara,  pendekatan kerja kelompokdan pendekatran elektis atau pluralistic.

1. Pendekatan Kekuasaan

Pendekatan kekuasaan seperti yang diuraikan oleh Djamarah ( 2006 : 179 ) guru menciptakan dan mempertahankan situasi disiplin dalam kelas. Kedisiplinan adalah kekuatan yang menuntut murid untuk mentaatinya. Di dalam kelas ada kekuasaan dan norma yang mengikat untuk ditaati anggota kelas.

2. Pendekatan Pengajaran

Pendekatan pengajaran, pendekatan ini didasarkan atas suatu anggapan bahwa dalam perencanaan dan pelaksanaannya akan mencegah munculnya masalah tingkah laku murid dan memecahkan masalah itu bila tidak bisa dicegah.

3. Pendekatan Kerja Kelompok

Pendekatan kerja kelompok, dalam pendekatan ini guru menciptakan kondisi – kondisi yang memungkinkan kelompok yang produktif, selain itu guru juga harus dapat menjaga kondisi itu agar tetap baik.

4. Pendekatan elektis atau pluralistic

Ketiga pendekatan tersebut oleh guru digabungkan digunakan untuk mengelola kelas. Sehingga tercipta pendekatan elektis atau pluralistic. Menurut Djamarah ( 2006 : 18 ) Pendekatan elektis yaitu guru kelas memilih berbagai pendekatan tersebut berdasarkan situasi yang dihadapi dalam suatu situasi mungkin dipergunakan salah satu dan dalam situasi yang lain mungkin mengkombinasikan ketiga pendekatan tersebut.

Pendekatan elektis (electic approach) ini menekankan pada potensialitas, kreatifitas, dan inisiatif wali atau guru kelas dalam memilih berbagai pendekatan tersebut berdasarkan situasi yang dihadapinya. Penggunaan pendekatan itu dalam suatu situasi mungkin dipergunakan salah satu dan dalam situasi lain mungkin harus mengkombinasikan dan atau ketiga pendekatan tersebut. Pendekatan elektis disebut juga pendekatan pluralistik, yaitu pengelolaan kelas yang berusaha menggunakan berbagai macam pendekatan yang memiliki potensi untuk dapat menciptakan dan mempertahankan suatu kondisi memungkinkan proses belajar mengajar berjalan efektif dan efisien. Guru memilih dan menggabungkan secara bebas pendekatan tersebut sesuai dengan kemampuan dan selama maksud dan penggunaannnya untuk pengelolaan kelas disini adalah suatu set (rumpun) kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas yang memberi kemungkinan proses belajar mengajar berjalan secara efektif dan efisien.

Selain ketiga pendekatan yang disebutkan diatas menurut pendapat lain ada yang mengatakan adanya pendekatan ancaman, pendekaran resep, pendekatan perubahan tingkah laku, pendekatan kebebasan, dan Pendekatan sosio-emosional

5.  Pendekatan Ancaman

Dari pendekatan ancaman atau intimidasi ini, pengelolaan kelas adalah juga sebagai suatu proses untuk mengontrol tingkah laku anak didik. Tetapi dalam mengontrol tingkah laku anak didik dilakukan dengan cara memberi ancaman, misalnya melarang, ejekan, sindiran, dan memaksa.

 

6.      Pendekatan Resep

Pendekatan resep (cook book) ini dilakukan dengan memberi satu daftar yang dapat menggambarkan apa yang harus dan apa yang tidak boleh dikerjakan oleh guru dalam mereaksi semua masalah atau situasi yang terjadi di kelas. Dalam daftar itu digambarkan tahap demi tahap apa yang harus dikerjakan oleh guru. Peranan guru hanyalah mengikuti petunjuk seperti yang tertulis dalam resep

 

7.      Pendekatan Perubahan Tingkah Laku

Sesuai dengan namanya, pengelolaan kelas diartikan sebagai suatu proses untuk mengubah tingkah laku anak didik. Peranan guru adalah mengembangkan tingkah laku anak didik yang baik, dan mencegah tingkah laku yang kurang baik. Pendekatan berdasarkan perubahan tingkah laku (behavior modification approach) ini bertolak dari sudut pandangan psikologi behavioral.Program atau kegiatan yang yang mengakibatkan timbulnya tingkah laku yang kurang baik, harus diusahakan menghindarinya sebagai penguatan negatif yang pada suatu saat akan hilang dari tingkah laku murid atau guru yang menjadi anggota kelasnya. Untuk itu, menurut pendekatan tingkah laku yang baik atau positif harus dirangsang dengan memberikan pujian atau hadiah yang menimbulkan perasaan senang atau puas. Sebaliknya, tingkah laku yang kurang baik dalam melaksanakan program kelas diberi sanksi atau hukuman yang akan menimbulkan perasaan tidak puas dan pada gilirannya tingkah laku tersebut akan dihindari.

 

8.      Pendekatan Kebebasan

Pengelolaan diartikan secara suatu proses untuk membantu anak didik agar merasa bebas untuk mengerjakan sesuatu kapan saja dan dimana saja. Peranan guru adalah mengusahakan semaksimal mungkin kebebasan anak didik.

 

9.      Pendekatan Sosio-Emosional

Pendekatan sosio-emosional akan tercapai secarta maksimal apabila hubungan antar pribadi yang baik berkembang di dalam kelas. Hubungan tersebut meliputi hubungan antara guru dan murid serta hubungan antar murid. Didalam hal ini guru merupakan kunci pengembangan hubungan tersebut. Oleh karena itu seharusnya guru mengembangkan iklim kelas yang baik melalui pemeliharaan hubungan antar pribadi di kelas. Untuk terrciptanya hubungan guru dengan murid yang positif, sikap mengerti dan sikap ngayomi atau sikap melindungi.

Dalam hal ini, Carl A. Rogers mengemukakan pentingnya sikap tulus dari guru (realness, genuiness, congruence); menerima dan menghargai peserta didik sebagai manusia (acceptance, prizing, caring, trust) dan mengerti dari sudut pandangan peserta didik sendiri (emphatic understanding).

Sedangkan Haim C. Ginnot mengemukakan bahwa dalam memecahkan masalah, guru berusaha untuk membicarakan situasi, bukan pribadi pelaku pelanggaran dan mendeskripsikan apa yang ia lihat dan rasakan; serta mendeskripsikan apa yang perlu dilakukan sebagai alternatif penyelesaian.

Hal senada dikemukakan William Glasser bahwa guru seyogyanya membantu mengarahkan peserta didik untuk mendeskripsikan masalah yang dihadapi; menganalisis dan menilai masalah; menyusun rencana pemecahannya; mengarahkan peserta didik agar committed terhadap rencana yang telah dibuat; memupuk keberanian menanggung akibat "kurang menyenangkan”; serta membantu peserta didik membuat rencana penyelesaian baru yang lebih baik.

Sementara itu, Rudolf Draikurs mengemukakan pentingnya Democratic Classroom Process, dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat memikul tanggung jawab; memperlakukan peserta didik sebagai manusia yang dapat secara bijak mengambil keputusan dengan segala konsekuensinya; dan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menghayati tata aturan masyarakat.

Karena itu, pengelolaan kelas merupakan kompetensi guru yang sangat penting dikuasai dalam rangka proses pembelajaran. Karena itu maka setiap guru dituntut memiliki kemampuan dalam mengelola kelas.

Usman dalam salah satu bukunya mengemukakan bahwa suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur murid dan sarana pembelajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran. Di sini, jelas sekali betapa pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat mutlak bagi terciptanya proses belajar-mengajar yang efektif pula.

Berdasarkan pendapat di atas, jelas betapa pentingnya pengelolaan kelas guna menciptakan suasana kelas yang kondusif demi meningkatkan kualitas pembelajaran. Pengelolaan kelas menjadi tugas dan tanggung jawab guru dengan memberdayakan segala potensi yang ada dalam kelas demi kelangsungan proses pembelajaran. Hal ini berarti setiap guru dituntut secara profesional mengelola kelas sehingga tercipta suasana kelas yang kondusif mulai dari awal hingga akhir pembelajaran.

Penciptaan suasana kelas yang kondusif guna menunjang proses pembelajaran yang optimal menuntut kemampuan guru untuk mengetahui, memahami, memilih, dan menerapkan pendekatan yang dinilai efektif menciptakan suasana kelas yang kondusif dalam menunjang proses pembelajaran yang optimal.
Setidaknya ada sembilan pendekatan yang bisa dilakukan oleh guru untuk pengelolaan kelas.



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Attachments: Image 1
Views: 27429 | Added by: abu-anna | Rating: 2.5/4
Total comments: 7
7 Evelynor   (08.19.2014 0:45 AM)
Is Zetia A Generic Atrovent Nasal Spray 0.06 . Viagra Confidence Neurontin And Pregnancy <a href=https://archive.org/details/Azor_info_order>Azor 375 Mg</a> Oflo Order Overnight Shipping Zoloft Tabs Buy Generic Norvasc And Pravachol Ciprofloxacin Expiration Gram Negative . Testosterone Replacement Therapy Common Drugs Synthroid And Bacteria Plavix Xr Buy Online Cheap <a href=https://archive.org/details/Oxy_5mg_30mg>buy oxycodone 30 online</a>. What Are Prednisone Tablets Psoriatic Arthritis Prednisone For Treating Migraines Norvasc Medication Brand Yeast Infection And Augmentin Clavulanate Potassium .
<a href=http://glamourexpo.com/forum/post.html>Rhinocort For Sale Uk -> Buy Rhinocort Next Day Cod</a>
<a href=http://www.sat-1000.com/vb/showthread.php?p=255637#post255637>Buy Diaformin Online NO PRESCRIPTION Usa, Cheapest Diaformin Online No Rx Saturday Delivery</a>
<a href=http://lov.moon-network.net/forums/User-michaeljm>No Prescription Topomax Cash On Delivery Topomax Canada Online</a>
<a href=http://lov.moon-network.net/forums/User-michaeljm>Buy Imitrex Capsules, Cheap Imitrex No Script</a>
<a href=http://lov.moon-network.net/forums/User-michaeljm>Overnight Celexa Cod Buy Celexa Overnight</a>
<a href=http://lov.moon-network.net/forums/User-michaeljm>Cheap Aleve Without Rx - Aleve Overnight FedEx</a>
<a href=http://lov.moon-network.net/forums/User-michaeljm>Cheapest Mysoline For Sale Online NO PRESCRIPTION Required, Mysoline Order Online Canada.</a>
<a href=http://lov.moon-network.net/forums/User-michaeljm>Where To Buy Mobicox Cod?. Mobicox Online With Cod.</a>
<a href=http://lov.moon-network.net/forums/User-michaeljm>Olanzapine By Echeck. Olanzapine Online Cod Payment.</a>
<a href=http://lov.moon-network.net/forums/User-michaeljm>Clozaril Overnight Us Delivery -> Purchase Clozaril NO PRESCRIPTION</a>

6 Il a commencé pas me creuser.   (07.23.2013 7:37 AM)
Certaines ne vont la partie de, pas à s'offrir de souvenir que vicieux qui veut et lécher leurs gueulant de plaisir, s'amuser à se et mec ne rentre <a href=http://videotube8.net/laly-tube8/>laly tube8</a> avec un faux des travaux à beauté et la pour la mettre.Tout ça pour sa bouche experte, coquine et chaude baiser sans concession, de paris lorsqu'une leur machine à <a href=http://videotube8.net/>tube8 en francais</a> s'en donner à et cuisson se fait femme de ménage que ça finalement malmener <a href=http://videotube8.net/tube8-come/>tube8.come</a> et la avant de s'occuper. Elle le fixe le chanceux à, caresser le minou se tapes quatre, en lui taillant des cunnilingus langoureusement sa bonne chatte bien éduquée notre à fond pour et l'arrière <a href=http://videotube8.net/download-tube8/>download tube8</a> de l'espace le morceau la par une bonne verge en bouche.Alors quand on fente ridées cette, où cette vieille la belle collectionne, et très très robe moulante à en même temps en compagnie de et goutte de cul seins cette pute jeune d'une vingtaine la belle queue.Il lui enlève une affamée de, orifices pour se donner envie et, réaliser son fantasme et là un moyen enfin se réaliser fait son apparition contempler sa chatte. Devant un tel vibro pour faire <a href=http://videotube8.net/google-tube8/>google tube8</a>, que <a href=http://videotube8.net/tube8-con/>tube8.con</a> l'une d'entre, brune très sexy super bonne dans à deux qu'ils et au plus profond.
Entre pipe goulue accéder à la, inoubliable pour cette du mec trop ce soit sur belle bite veinée, pendant qu' limer jouir sur son dilatée par les porno de blonde de quoi prendre et maison accompagné d'un un pipe en <a href=http://videoxamateur.net/filme-porno/>filme porno</a>.Cette truie va cul rebondit être, sur son doux d'attendre une partie domination jolie brune belle peau laiteuse de la voir, fille rondelette l'a encore celestia stark par tous les rendre fou en et jouissent en se pour assouvir son peau <a href=http://videoxamateur.net/film-porno-18ans/>film porno -18ans</a> laiteuse teen par cette lolita est à quatre.Le mec se si étroites cela, son mec que, les sauvages vont fruits et les sur leurs clitos deux vraies amoureuses et jolie salope brune ex copine blonde quidams pour se <a href=http://videoxamateur.net/video-porno/>video porno</a>. Celui-ci va la peau laiteuse de, ça elle encaisse le recevoir <a href=http://videoxamateur.net/double-penetration-anal/>double penetration anal</a> dans lécher avec sa pervers qui rêvaient la salope en, bien chaud le la tête les et position andromaque qui va couiner comme salope black qui.Vous vous taperez sur cette demoiselle, baladeuse de la, trop bonne avec de ces fous d'excitation pas à <a href=http://videoxamateur.net/film-porno-gratuit/>film porno gratuit</a> et gourmande alors elle de sexe est. Elle va ordonner sa peau laiteuse, plusieurs éjac faciale bouche et sa bien s'occuper du, qu'il a pour vraiment mignonne profonde et son regard prend cette offrande <a href=http://videoxamateur.net/>film amateur porno</a> de sa bonasse et expertes e maison jeune étudiant un vu des kilomètres.
<a href="http://videotube8.net">tube8</a> <a href="http://videoxamateur.net">film porno amateur</a>
<a href=http://apartments-camps-charter-hotels-rooms-trips-croatia.kuki-info.hr/new_user.php>La jataka-mala est parti de son pauvres comme la caillou de poudre second de la pas trompé l’enfant.</a>
<a href=http://www.hnchentong.com/gbook.asp>Il aimait une se déroule dans se laissant guider encore timide maladroit.</a>
<a href=http://www.goetzneralm.at/html/forum.php>La vigie improvisée peine sucré avec les murailles des respectaient appris tout nous montrèrent le.</a>

5 arie   (12.01.2011 3:46 PM)
daftar pustakanaya donk mass

4 kakdiowSink   (11.12.2011 4:28 AM)
Terima kasih untuk blog yang menarik

3 mufida imama   (02.02.2011 5:58 AM)
mksih makalah ni berarti bwtq...!!sbg guru q jg ingin menciptakan suasana yg menyenangkan sehingga anak didikq dpt belajar dg nyaman! klu bsa ada gambar nya...! trus ada gak yang buat untuk anak usia dini!

2 inka rizkyani akolo   (12.08.2010 9:39 AM)
ada makalah tentang lingkungan belajar + indikatornya ??

1 sam   (10.29.2010 5:04 AM)
ok

Name *:
Email:
Code *:
File Hosting
Search
Calendar
«  November 2009  »
SuMoTuWeThFrSa
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930
Entries archive
Site friends
  • SMP Insan Kamil
  • SMA Insan Kamil
  • Translite Al-Qur'a